siapa yang suka bermain game? hayoo.... pada nunjuk tangan semua
, nah sekarang gimana kalau kita mencoba belajar membuat game
sederhana. Lagi-lagi kita menggunakan software adobe9/macromedia8 yaitu
flash dengan sedikit sentuhan action scripts, nah lo mukanya kok jadi
kecut semua .
Langkah 1 : Document Baru & Gambar Latar Belakang
Coba
anda buat sebuah document baru dengan ukuran default yaitu 550x450.
Gunakan beberapa perangkat gambar seperti Rectangle tool atau oval tool
dll untuk membuat latar belakar awan atau sekedar arsiran-arsiran
hembusan angin. Kuncilayer yang digunakan sebagai layer tempat
meletakkan background ini, biar lebih mudah beri nama saja layernya
'backgroud' dengan click2 kali pada nama layer yang bersangkutan lalu
kunci layer tersebut.
Langkah 2 : Menyiapkan Simbol 'Pesawat'
Nah..,
Simbol movie clip adalah obyek utama dalam game ini. Apapun karakternya
jagoan, penjahat, peluru, point, atau objek apapun umumnya dibuat dalam
format movie clip. Dalam tutorial singkat ini hanya menggunakan satu
simbol, yaitu 'pesawat'. Pilih insert -> New Symbol , untuk membuat
simbol baru, dan pilih tipe movie clip. Gambar sembarang pesawat
menggunakan brush tool/pencil tool atau bisa juga tool gambar lain bila
anda sudah merasa mampu membuat gambar yang baik. Yakinkan bahwa
ukurannya kurang lebih 100x70 pixel.
Langkah 2 : Atur Posisi Instance movie clip 'Pesawat'
Sekarang
buatlah layer baru. Tarik atau drag simbol 'pesawat' dari panel
library(ctrl+L) sebanyak 3 kali dan semua itu diletakkan pada layer
baru. Dengan melakukan hal tersebut, game ini sudah mempunyai 3 instance
movie clip. Pilih instance movie clip tersebut dan buka panel
properties. Beri nama masing-masing movie clip itu dengan nama
'pesawat1', 'pesawat2', dan 'pesawat3' pada kolom instance name, jangan
memakai huruf besar atau spasi anda dapat menggantinya dengan
underscore( _ ) :D. ubah nama warna tampilan masing-masing instance
dengan memilih color, lalu tint/advance. Klik kotak warna yang muncul
sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Langkah 4 : Menambah Text Field
Tambahkan
lagi sebuah layer baru. menggunakan teks tool, buatlah text field pada
layer ini. Ubah tipenya menjadi dynamic text. Isi kolom var di panel
properties dengan display. Pada teks field inilah kita dapat menuliskan
informasi dinamis kepada pemain.
Langkah 5 : Memulai ActionScript
Sudah
saat dari tutorial ini menggunakan action script, mudah-mudahan
sampean-sampean masih bisa mengikuti tutorial ini dengan baik dan jelas
:) . Buatlah sebuah layer baru dan beri nama layer 'action'. Tekan F9
untuk menampilkan window action panel. Pada game ini scriptnya hanya
dibuat pada 1 frame biar tidak bingung dan berserakan di mana-mana.
Penulisan pada frame adalah cara yang dianjurkan oleh pengembang flash
demi mempermudah programing, dan menghindari kesalahan yang tidak perlu.
Oke pada awal ketik :
stop()
Langkah 6 : Deklarasi inisial properti tambahan.
Selain
memiliki properti bawaan, anda juga bisa menambahkan properti lain
untuk movie clip. Caranya yaitu dengan langsung menambahkan properti
dengan format "NamaMovieClip.NamaProperti". Tambahkan kode berikut
setelah fungsi stop();
pesawat1.startx=pesawat1._x;
pesawat2.startx=pesawat2._x;
pesawat3.startx=pesawat3._x;
pesawat1.finishx=pesawat1._x+380;
pesawat2.finishx=pesawat2._x+380;
pesawat3.finishx=pesawat3._x+380;
pesawat1.cutename="merah";
pesawat2.cutename="coklat";
pesawat3.cutename="hijau";
Langkah 7 : Membuat variabel dengan tipe data.
Sejak
rilis versi MX 2004, Action script mengenal penulisan script yang
detail, artinya menggunakan tipe data dalam inisialisasinya. Bagan
penulisannya sbb :
var NamaVariabel:TipeVariabel=NilaiAwal.
Tambahkan lagi pada akhir script kode berikut :
var the_state:Number=0;
variabel ini nantinya akan menampung kondisi game, apakah sedang siap-siap, atau tengah berjalan.
Langkah 8 : Event Halder untuk Keydown
Obyek_root,
adalah movie_clip paling utama dari setiap unsur kreativitas dalam
pemanfaatan flash yang tidak secara instan dapat mengenal setiap aksi
dari dari keyboard. Untuk itu, kita menggunakan obyek key. Kode di bawah
untuk membuat obyek_root siap menanggulangi setiap aksi dari keyboard :
key.addListener(_root);
Setiap itu, tambahkan kode yang bekerja saat tombol SPACE pada keyboard ditekan :
_root.onKeyDown=function(){
if(key.isDown(Key.SPACE)){
if (the_state==0){
trace("Laksanakan fungsi doStartRace");//baris ini bisa dibuang
doStartRace();
the_state=1;
return;
}
if (the_state==1){
trace("Laksanakan fungsi doStart Pos");//baris ini bisa dibuang
doStartPos();
the_state=0;
}
}
};
Cobalah
tes movie. Output Panel seharusnya muncul. Hal ini akibat fungsi
trace() yang kita tambahkan. Jika semuanya sudah bekerja, baris berisi
fungsi tersebut tersebut dapat dibuang.
Langkah 9 : Menuliskan fungsi buatan untuk doStartRace()
Pada
penanganan event keyboard terdapat fungsi doStartRace() yang bukan
bawaan flash, melainkan fungsi buatan yang bertugas untuk menjalankan
game. Lengkapnya fungsi tersebut adalah ;
var doStartRace=function():Void{
pesawat1.onEnterFrame=
pesawat2.onEnterFrame=
pesawat3.onEnterFrame=function(){
this._x+=Math.random()*10;
if (this._x>=this.finishx){
doStopRace(this.cutename+"Adalah Pemenangnya");
}
};
display="";
};
Pada
fungsi inilah kita menggunakan method Math.random() untuk mendapatkan
fungsi nilai acak. Method inilah yang sering menjadi sahabat para game
maker untuk membuat keputusan yang tidak dapat dikira oleh pemain.
Langkah 10 : Fungsi doStopRace() dan doStartPos()
Dua
fungsi buatan lainnya adalah doStopRace() dan doStartPos() yang memberi
perintah menghentikan game saat salah satu dari pesawat mencapai
finish, dan mengembalikan game ke posisi semula. Fungsi tersebut adalah ;
var doStopRace=function(txt):Void {
display=txt;
delete pesawat1.onEnterFrame;
delete pesawat2.onEnterFrame;
delete pesawat3.onEnterFrame;
};
var doStartPos=function():Void {
doStopRace("Tekan SPACE untuk memulai Balapan");
pesawat1._x=pesawat1.startx;
pesawat2._x=pesawat1.startx;
pesawat3._x=pesawat1.startx;
};
Nah...
Sekarang coba deh compile program game yang udah kamu buat
(ctrl+Enter). Cara kerja game Balapan Pesawat ini sangat sederhana. Coba
tekan tombol SPACE, maka pesawat-pesawat akan terbang berlomba mencapai
finih, atau posisi_x pesawat melewati properti finishx. Oiya ... jangan
lupa kasih judulnya ya pada bagian atas stage :).
Note :
Script
ini ditulis dengan bahasa ActionScript 2.0. Bisa saja anda menemukan
banyak perbedaan cara penulisan pada buku-buku maupun artikel atau
tutorial lainnya. Jangan Pusing :), script dalam versi 1.0 dan 2.0 masih
dapat digunakan pada flash 8 (dengan sedikit sekali pengecualian).
by : http://jadmikoz.blogspot.com
09.56 No comments
Membuat Game Balapan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Feature
Like Our Fanspage
Diberdayakan oleh Blogger.
0 comments:
Posting Komentar