Game Tembak balon melayang

Game yang akan kita buat kali ini adalah game menembak balon. Dimana akan ada balon yang bergerak dari bawah ke atas. Gunakan gerakkan mouse untuk menggerakkan kursor dan tekan mouse sebelah kiri untuk menembak.
1. Buatlah sebuah flash document dengan ukuran 400×400 berwarna putih.
2. Tekan tombol Insert Layer pada timeline sebanyak 2 kali sehingga pada timeline terdapat 3 buah layer.
3. Ubah nama-nama layer menjadi Label, AS, Game dengan posisi seperti gambar di bawah ini :

timeline1
4. Tahan tombol Ctrl pada keyboard kemudian tekan frame 1, 3, 8, 14 pada semua layer. Jika sudah lepaskan tombol Ctrl lalu tekan F7 maka frame-frame yang anda seleksi tadi menjadi sebuah blank keyframe.
5. Seleksi frame 20 pada semua layer kemudian tekan F5
6. Klik frame 1 layer Label kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan load dalam kotak frame label.
7. Klik frame 3 layer Label kemudian pada panel properties masukkan menu dalam kotak frame label.

8. Klik frame 8 layer Label kemudian pada panel properties masukkan game dalam kotak frame label.
9. Klik frame 14 layer Label kemudian pada panel properties masukkan gameover dalam kotak. Sehingga pada timeline akan tampak seperti di bawah ini :
timeline2
10. Klik frame 1 layer Game. Buatlah sebuah objek kursor seperti gambar di bawah ini :
kursor1
11. Buatlah sebuah lingkaran kecil tepat di tengah-tengah objek kursor yang baru di buat tadi sehingga akan berbentuk seperti gambar di bawah ini :
kursor2
12. Seleksi hanya lingkaran kecil tadi lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan titik_kursor sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
13. Seleksi movie clip titik_kursor dan objek kursor lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan kursor_mc sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
14. Seleksi movie clip kursor_mc dan pada panel properties masukkan kursor sebagai Instance name.
15. Klik frame 3 layer Game dan buatlah sebuah persegi dengan panjang 400 dan lebar 400. Berikan warna radial dengan perpaduan warna #33FF99 dan #336633 pada persegi tersebut. Letakkan persegi tersebut di tengah-tengah stage.
16. buatlah sebuah static text bertuliskan Tembak Balon. Ukuran, warna, dan jenis hurufnya sesuai keinginan anda, kemudian letakkan di stage bagian atas.
17. Buatlah 3 buah balon dengan menggunakan bantuan oval tool dan line tool. Letakkan ketiga buah balon tadi pada stage bagian tengah.
18. Buatlah sebuah static text dan berikan tulisan Tembak setiap balon yang muncul sebanyak mungkin dengan cara menekan mouse sebelah kiri. Letakkan static text tersebut pada stage bagian bawah.
19. Buatlah sebuah static text dengan warna putih dan berikan tulisan MAIN. Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan lebar static text bertuliskan MAIN.
20. Seleksi static text bertuliskan MAIN dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan main_btn sebagai name dan button sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
21. Seleksi main_btn di stage dan pada panel properties masukkan main_btn sebagai instance name. Klik kanan movie clip main_btn dan tekan Edit.
22. Seleksi frame Over dan Down lalu tekan F6. Ubah warna huruf static text pada frame over menjadi berwarna kuning dan juga ubah warna static text pada frame Down menjadi kuning tua. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
23. Letakkan main_btn di stage bagian bawah sehingga pada frame 3 layer Game akan tampak seperti gambar di bawah ini :
cover1
24. Klik frame 8 layer Game dan buatlah sebuah persegi dengan panjang 400 dan lebar 400. Berikan warna radial dengan perpaduan warna #33FF99 dan #336633 pada persegi tersebut. Letakkan persegi tersebut di di tengah-tengah stage.
25. Buatlah 3 buah static text, masing-masing bertuliskan Balon : , Waktu , :
26. Buatlah 3 buah dynamic text dengan masing-masing Var pada panel properties adalah score , minute , second.
27. Letakkan seluruh objek di frame 8 layer Game seperti gambar di bawah ini :
game1
28. Klik frame 14 layer Game dan buatlah sebuah persegi dengan panjang 400 dan lebar 400. Berikan warna radial dengan perpaduan warna #33FF99 dan #336633 pada persegi tersebut. Letakkan persegi tersebut  di tengah-tengah stage.
29. Buatlah 3 buah static text masing-masing bertuliskan Waktu Habis , Anda menembak balon sebanyak , buah. Buatlah sebuah dynamic text dan pada panel properties masukkan score sebagai Var.
30. Buatlah sebuah static text dengan warna huruf putih dan berikan tulisan MAIN LAGI. Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan lebar static text bertuliskan MAIN LAGI.
31. Seleksi static text bertuliskan MAIN LAGI dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan  mainlagi_btn sebagai name dan button sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
32. Seleksi mainlagi_btn di stage dan pada panel properties masukkan mainlagi_btn sebagai instance name. Klik kanan movie clip mainlagi_btn dan tekan Edit.
33. Seleksi frame Over dan Down lalu tekan F6. Ubah warna huruf static text pada frame over menjadi berwarna kuning dan juga ubah warna static text pada frame Down menjadi kuning tua. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
34. Letakkan seluruh objek di frame 14 layer Game seperti gambar di bawah ini :
gameover1
35. Klik frame 1 layer AS dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
kursor.onEnterFrame = function() {
	Mouse.hide();
	startDrag(this, true);
	this.swapDepths(_root.getNextHighestDepth());
};
kursor.onMouseUp = function() {
	tembak = true;
};
36. Klik frame 3 layer AS dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
stop();
main_btn.onRelease = function() {
	gotoAndPlay("game");
};
37. Klik frame 8 layer AS dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
stop();
waktu = 0;
tembak = true;
waktu_tekan = 0;
score = 0;
fps = 0;
detik = 30;
menit = 2;
waktu_hidup = true;
onEnterFrame = function () {
	if (menit<10) {
		_root.minute = "0"+menit;
	} else {
		_root.minute = menit;
	}
	if (detik<10) {
		_root.second = "0"+detik;
	} else {
		_root.second = detik;
	}
	if (waktu_hidup) {
		fps++;
		if (fps == 20) {
			detik -= 1;
			fps = 0;
		}
		if (menit>0 && detik == 0) {
			menit -= 1;
			detik = 59;
		}
		if (menit == 0 && detik == 0) {
			gotoAndStop("gameover");
			delete this.onEnterFrame;
		}
	}
	waktu++;
	if (waktu == 7) {
		balon = attachMovie("balon", "balon"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(340)+30, _y:500});
		balon.onEnterFrame = function() {
			this._y -= 10;
			if (this._y<-100 || _currentframe != 8) {
				removeMovieClip(this);
			}
			if (Key.isDown(1) && tembak && this.kepala_balon.hitTest(kursor.titik)) {
				removeMovieClip(this);
				score += 1;
				tembak = false;
			}
		};
		waktu = 0;
	}
};
38. Klik frame 14 layer AS dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
stop();
mainlagi_btn.onRelease = function() {
	//mainkan frame berlabel menu
	gotoAndPlay("menu");
};
39. Klik frame 8 layer Game dan buatlah sebuah balon seperti gambar di bawah ini. Seleksi kepala balon tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan kepala_balon sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
kepala-balon
40. Seleksi movie clip kepala_balon dan pada panel properties masukkan kepala_balon sebagai instance name.
42. Gambarlah sebuah garis pada bagian bawah kepala balon sehingga akan berbentuk seperti ini :
balon
43. Seleksi kepala balon beserta garisnya lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan balon_mc sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
44. Hapus movie clip balon_mc dari stage kemudian tekan Ctrl+L. Pada panel library yang muncul, klik kanan movie clip balon_mc dan pilih Linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng/centang pada Export for ActionScript dan masukkan balon sebagai Identifier lalu tekan ok.
45. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Sourcenya dapat di download di sini

0 comments:

Posting Komentar

Feature

Like Our Fanspage

Diberdayakan oleh Blogger.