Baik, kali ini kita akan membuat game tangkap telur.
Skenario :
- Telur jatuh dari atas secara random.
- Keranjang digerakkan menggunakan mouse untuk menangkap telur yang jatuh.
- Skor akan bertambah jika mendapat telur emas ataupun telur biasa dan akan berkurang jika mendapatkan batu.
- Skor :
Telur Emas : 20
Telur : 10
Batu : -10
- Seperti biasa, kita buat sebuah dokumen baru.
- Kemudian buat sebuah gambar telur, dan seleksi telur tersebut. Lalu klik kanan dan pilih Convert to Symbol terus pilih MovieClip. Klik Advance agar tampil lebih banyak lagi, kemudian centang Export for Actionscript, dan ketikkan telur pada Identifiernya. Ingat, Name hanya sebagai penamaan, sedang actionscript mengenali dari penamaan Identifier. Sehingga akan tampil seperti ini.
- Buat sebuah gambar lainnya yaitu mangkok, telur emas dan batu. Masing-masing beri identifier mangkok, telur_emas, dan batu. Cara membuatnya sama dengan langkah sebelumnya.
- Jika sudah sekarang kita punya 4 objek nih.
- Hapus semua gambar yang ada di stage, cukup tekan Ctrl + A dan delete.. (lho ?? :woot: tenang aja, gpp kok, selama udah dimasukin library )
- Kemudian tambahkan keyframe pada frame 2 dan frame 3 pada Layer 1 , seperti berikut :
- Maksud dari 3 frame ini adalah frame 1 untuk menu, frame 2 untuk permainan, dan frame 3 untuk game over.
- Sekarang kita buat bagian menu. Buat sebuah static text dengan tulisan “Game Tangkap Telur“. Kemudian buat sebuah button dengan cara membuat sebuah kotak yang berisi static text kemudian seleksi kotak tersebut beserta tulisannya dan klik kanan pada kotak tersebut lalu pilih Convert To Symbol dan pilih Button. Dobel klik pada area kosong di stage untuk kembali.
- Sekarang kita klik pada tombol/button yang barusan kita buat,
kemudian kita tekan F9 untuk menampilkan panel Actions – Button.
Kemudian ketikkan script berikut :
1
on(release){
2
//berpindah ke game (pada frame 2)
3
gotoAndStop(
2
);
4
}
- Kode diatas digunakan untuk memulai permainan / pergi ke frame 2. Sekarang kita klik pada frame 1 Layer 1 dan tekan F9. Ketik stop(); agar timeline header tidak berjalan kemana-mana saat di-test movie.
- Kemudian buat sebuah dynamic text kemudian buka panel properties (Ctrl + F3) dan set score sebagai variablenya (var).
- Sekarang kita beralih ke frame 2, caranya dengan mengklik frame 2 pada layer 1. Silakan tulis script berikut :
01
//memanggil mangkok dari library dan ditaruh ke _root (stage)
02
_root.attachMovie(
"mangkok"
,
"mangkok"
,
0
,{_x:
275
,_y:
350
});
03
//secara berkala setiap 1000 milidetik memanggil fungsi panggilTelur
04
var telurInterval = setInterval(panggilTelur,
1000
);
05
//secara berkala kurangi waktu setiap 1000 milidetik / 1 detik
06
var waktuInterval = setInterval(kurangiWaktu,
1000
);
07
08
//mereset waktu
09
score =
0
;
10
waktu =
5
;
11
12
//berjalan secara terus menerus
13
_root.onEnterFrame=function(){
14
//posisi mangkok ditentukan oleh posisi x dari mouse
15
mangkok._x = _xmouse;
16
}
17
18
//fungsi panggilTelur, digunakan untuk memanggil telur dari langit
19
function panggilTelur(){
20
//menciptakan angka random
21
var angkaRandom = random(
10
);
22
var objekYangDipanggil =
""
;
23
24
//melihat angka random
25
if
(angkaRandom>=
0
&& angkaRandom<=
6
){
26
objekYangDipanggil =
"telur"
;
27
}
else
if
(angkaRandom>=
7
&& angkaRandom<=
8
){
28
objekYangDipanggil =
"telur_emas"
;
29
}
else
{
30
objekYangDipanggil =
"batu"
;
31
}
32
//depth digunakan sebagai kedalaman saat menambahkan movieclip ke stage
33
var depth = _root.getNextHighestDepth();
34
//memanggil objek movieclip ke stage
35
var objek = _root.attachMovie(objekYangDipanggil, objekYangDipanggil+
"-"
+depth, depth);
36
objek._x = random(
500
);
37
objek._y =
0
;
38
//properti nama digunakan sebagai pengenal
39
objek.nama = objekYangDipanggil;
40
//agar objek dapat bergerak
41
objek.onEnterFrame=function(){
42
//menggerakkan objek ke bawah
43
this
._y +=
10
;
44
//mengecek kondisi jika bersentuhan dengan mangkok
45
if
(
this
.hitTest(_root.mangkok)){
46
//menambah atau mengurangi score
47
if
(
this
.nama ==
"telur"
){
48
score +=
10
;
49
}
else
if
(
this
.nama ==
"telur_emas"
){
50
score +=
20
;
51
}
else
{
52
score -=
10
;
53
}
54
//kemudian menghapusnya
55
delete
this
.onEnterFrame;
56
this
.removeMovieClip();
57
}
58
//mengecek kondisi jika objek telah melewati batas
59
if
(
this
._y>=
450
){
60
//menghapus objek tersebut
61
delete
this
.onEnterFrame;
62
this
.removeMovieClip();
63
}
64
}
65
}
66
67
//fungsi kurangi waktu
68
function kurangiWaktu(){
69
waktu -=
1
;
70
//jika waktu habis, pergi ke game over
71
if
(waktu ==
0
){
72
//membersihkan semua objek di stage
73
for
(i=
0
;i<=_root.getNextHighestDepth();i++){
74
_root.getInstanceAtDepth(i).removeMovieClip();
75
}
76
//menghilangkan semua interval
77
clearInterval(telurInterval);
78
clearInterval(waktuInterval);
79
//pergi ke frame 3
80
_root.gotoAndStop(
3
);
81
}
82
}
- Seleksi semua yang ada di frame 2, kemudian copy-kan ke frame 3, sehingga kita hanya mengatur posisi dari dynamic text nya.
- Beres deh, sekarang tinggal kita tes movie
Source code : SINI
link downloadnya kagak bisa gan
BalasHapus